Kamis, 08 Desember 2011




to

Papua



Papua, berikan sejuta keindahan alam dan budaya

        Papua adalah sebuah provinsi terluas Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Papua atau bagian paling timur West New Guinea (Irian Jaya). Belahan timurnya merupakan negara Papua Nugini atau East New Guinea.

Papua merupakan pulau paling timur dari Indonesia, dibalik jauh keberadaannya, Papua menyimpan sejuta pesona yang bisa mambuat mata terkagum-kagum melihat kecantikan pulau ini. Mari mengenal lebih jauh tentang Papua.

Papua memang unik dan mengesankan, alam dengan pantainya yang cantik, suku yang beragam dan masih sangat kental ini memang perlu dijaga. Selain itu agar semakin banyak investor asing yang mau melirik Papua dibidang pariwisata dan kebudayaan.

Lihat saja ukiran yang asli dibuat dari kayu Papua terlihat sulit dan hasilnya menawan, batik dengan motif tifa dan burung cendrawasih serta warna yang mencolok beda dengan batik di tanah Jawa. Limbah yang dimanfaatkan untuk kerajinan topeng pun ada. Iya, semua itu menjadi ciri khas dari Papua. 



 







Batik adalah salah satu kebudayaan masyarakat papua dalam berkreasi yang syarat akan nilai-nilai luhur dan terkandung makna-makna yang mendalam di dalamnya, selain itu juga Batik Papua memiliki harga yang sangat bersaing di pasaran Internasional.





Bagi orang Asmat, mengukir merupakan bagian dari ritual religiositas mereka. Ukiran Asmat dipercaya sebagai mediator yang menghubungkan antara kehidupan masyarakat dengan leluhur mereka. Melalui ukiran inilah orang Asmat berkomunikasi dengan arwah keluarganya yang sudah meninggal. Setiap ukiran yang mereka buat mewakili seseorang yang telah meninggal dunia.

 
Yuk, kita kenal kebudayaan Papua sebagai salah satu kekayaan budaya indonesia seperti alat musik tradisionalnya, Tarian Tradisional dan kesenian lainnya yang terdapat di Papua. Baca juga tempat wisata di Papua.


Seni dan Budaya Papua Indonesia

Alat Musik Tradisional Papua

       Ada salah satu nama alat musik tradisional yang paling terkenal yang berasal dari Papua yaitu Tifa. Alat musik Tifa merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah maluku serta papua. Bentuknya alat musik Tifa mirip gendang dan cara memainkannya Tifa adalah dengan cara dipukul. Alat musik Tifa terbuat dari bahan sebatang kayu yang isinya sudah dikosongkan serta pada salah satu ujungnya ditutup dengan menggunakan kulit hewan rusa yang terlebih dulu dikeringkan. Hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Alat musik ini sering di mainkan sebagai istrumen musik tradisional dan sering juga dimainkan untuk mengiringi tarian tradisional, seperti Tarian perang, Tarian tradisional asmat, dan Tarian gatsi. 




Tifa


Tarian Tradisional Daerah Papua

       Terdapat berbagai macam tari-tarian dan mereka biasa menyebutnya dengan Yosim Pancar (YOSPAN). Di dalam tarian ini terdapat aneka bentuk gerak tarian seperti tari Gale-gale, tari Pacul Tiga, tari Seka, Tari Sajojo, tari Balada serta tari Cendrawasih. Tarian tradisional Papua ini sering di mainkan dalam berbagai kesempatan seperti untuk penyambutan tamu terhormat, penyambutan para turis asing yang datang ke Papua serta dimainkan adalah dalam upacara adat.



Pakaian Adat Tradisional Papua

      Pakaian adat Papua untuk pria dan wanita hampir sama bentuknya. Pakaian adat tersebut memakai hiasan-hiasan seperti hiasan kepala berupa burung cendrawasih, gelang, kalung, dan ikat pinggang dari manik-manik, serta rumbai-rumbai pada pergelangan kaki.






Rumah Adat Papua

      Nama rumah asli Papua adalah Honai yaitu rumah khas asli Papua yang dihuni oleh Suku Dani. Bahan untuk membuat rumah Honai dari kayu dengan dan atapnya berbentuk kerucut yang terbuat dari jerami atau ilalang. Rumah tradisional Honai mempunyai pintu yang kecil dan tidak berjendela. Umumnya rumah Honai terdiri dari 2 lantai yang terdiri dari lantai pertama untuk tempat tidur sedangkan lantai kedua digunakan sebagai tempat untuk bersantai, makan, serta untuk mengerjakan kerajinan tangan. 

Rumah Honai


Makanan Khas Papua

      Papeda adalah makanan pokok saudara-saudara kita di Papua dan Maluku. Papeda dibuat dari tepung sagu, Dan tepung sagu ini biasanya dibuat oleh penduduk di pedalaman.
Papeda ini sangat nikmat bila dimakan bersama kuah kuning, yakni sayur ikan yang kuahnya kuning. Sayur kuah kuningnya itu, ada rasa asam campur pedas. Hmmm, nikmat sekali, apalagi bila dimakan saat panas atau hangat. Bahkan saat kita meriang atau pas flu, berasa sehat kembali setelah makan papeda.

Papeda


Tempat Wisata Menarik Di Papua
 Ini adalah sebagian tempat-tempat wisata di Papua.

       
1. Pasar Nayak



2. Danau Air Garam



3. Tugu yang terdapat di Sabang



4. Lembah Baliem



5. Danau Sentani



6. Danau Tigi




7. Danau Yamur




8. Pantai Base G




9. Pantai Amai




10. Pantai Holtekamp




11. Monumen Tugu MacArthur




12. Penangkaran Buaya




13. Pemancar Polimak




14. Gunung Jaya Wijaya




Puncak Jaya Wijaya

Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania.

15. Gunung Emas



16. Gunung Kwoka



17. Gunung Wasada



18. Gunung Dom



19. Pegunungan Vanrees



20. Gugusan Kepulauan Raja Ampat



21. Keindahan Bawah Laut Papua










Jadi, dengan semua kekayaan alam dan budaya yang dimiliki oleh Papua mari kita jaga alam dan budaya yang telah ada, jangan jadikan Papua yang 'seram' direbut oleh negara lain, karena Papua masih merupakan bagian dari Indonesia.




Mohon maaf atas kekurangannya karena kekurangan hanya milik kami dan kesempurnaan adalah milik Allah SWT. Kami mohon kritik dan sarannya, silahkan komen aja... :-)

Wassalam...

Hwaiting ^_^

By Kelompok 3 from XI IPA 1 SMAN 1 Marabahan
1. Uswatun Hasanah
2. Suci Khairida Putri
3. Siti Asiah
4. Herbiantoro